Entamoeba histolytica

Entamoeba histolytica termasuk kelas archamoebae filum amoebozoa. Ini adalah hewan parasit bersel tunggal yaitu protozoa, terutama yang menginfeksi manusia dan primata lainnya. Protozoa ini membutuhkan hospes intermediet  untuk menginfeksi hospes definitifnya

yaitu kucing dan anjing. Penyakit yang disebabkan oleh protozoa ini disebut amoebiasis. 

Pengaruh terhadap inang

Infeksi protozoa ini  dapat menyebabkan disentri amuba atau amuba abses hati . Gejala dapat termasuk disentri fulminan, diare berdarah, penurunan berat badan, kelelahan, sakit perut, dan amoeboma . Amuba dapat masuk ke dalam dinding usus, menyebabkan lesi dan gejala usus, dan dapat mencapai aliran darah. Dari sana, ia dapat mencapai organ-organ vital yang berbeda dari tubuh manusia, biasanya hati, tapi kadang-kadang paru-paru, otak, limpa, dll Sebuah hasil umum dari invasi jaringan adalah abses hati, yang bisa berakibat fatal jika tidak diobati. Tertelan sel darah merah kadang-kadang terlihat dalam sitoplasma sel amuba.

Pengobatan

  • Metronidazol untuk trophozoites invasif PLUS amoebicide lumenal bagi mereka yang masih dalam usus.
  • Paromomycin (Humatin) adalah obat luminal pilihan, paromomycin (Humatin) harus digunakan dengan hati-hati pada pasien dengan kolitis, seperti yang baik nefrotoksik dan ototoxic. Penyerapan melalui dinding yang rusak dari saluran usus dapat menyebabkan kehilangan pendengaran permanen dan kerusakan ginjal.

Dosis

Dosis anjuran: Metronidazole 750 mg tid oral, selama 5 sampai 10 hari paromomycin DIIKUTI 30 mg / kg / hari oral dalam 3 dosis sama selama 5 sampai 10 hari atau 500 mg.

Pencegahan

  • Jagalah kebersihan dengan mencuci tangan sebelum makan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: