Giardia Lambia

Giardia Lambia termasuk filum metamonada. Penyakit yang disebabkan oleh protozoa ini disebut giardiasis. Parasit giardia menempel pada epitel dengan ventral perekat, dan mereproduksi melalui pembelahan biner . Giardiasis tidak menyebar melalui aliran darah, juga tidak menyebar ke bagian lain dari GIT (saluran cerna) , tetapi tetap terbatas pada lumen dari usus kecil. Giardia trophozoites mereka menyerap nutrisi dari

lumen usus kecil dan bersifat anaerob. Selain manusia, giardia juga dapat menginfeksi kucing, anjing dan burung. Hospes mamalia juga termasuk sapi berang-berang , rusa , dan domba.

Pengaruh terhadap inang

Gejala giardiasis meliputi: ledakan tiba-tiba, berair, berbau busuk diare; gas yang berlebihan, nyeri perut, kembung, mual, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan. Pada beberapa pasien, muntah adalah gejala utama. Demam tidak biasa. Jika tidak diobati, giardiasis bisa bertahan selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Penyakit ini dapat menyebabkan gejala ringan atau sedang berulang seperti: gangguan pencernaan, terutama intoleransi laktosa , diare intermiten, kelelahan dan kelemahan, dan penurunan berat badan yang signifikan.

Pengobatan

  • Metronidazol (Flagyl). Wanita hamil disarankan untuk tidak mengambil metronidazol selama trimester pertama kehamilan.
  • Paromomycin adalah obat alternatif dan lebih aman. Jika kambuh terjadi, pengobatan ulang dengan obat yang sama biasanya efektif.
  • Furazolidon (Furoxone) dapat diberikan kepada bayi dan anak di bawah 5 tahun, sejak ia datang dalam bentuk cair.

Pencegahan

  • Pengolahan air minum yang benar dengan cara dimasak hingga mendidih dan biarkan mendidih hingga 1-2 menit.

 

Tinggalkan komentar